Jumat, 22 November 2013

Makanan Pembersih Ginjal

ginjalGinjal memiliki peranan yang sangat penting di dalam tubuh manusia. Ginjal berbentuk seperti kacang, terdiri dari 2 buah dengan panjang antara 10 sampai 15 cm dan berat kurang lebih 200 gram. Ginjal terletak di dekat tengah punggung, tepat di bawah tulang rusuk, satu di setiap sisi tulang belakang. Kedudukan ginjal sebelah kiri lebih tinggi dari ginjal sebelah kanan.

Fungsi ginjal diantaranya, yaitu:
  • Menyaring atau membersihkan darah
  • Mengatur volume darah
  • Mengatur keseimbangan kandungan kimia darah
  • Menjaga darah agar tidak terlalu asam
  • Penghasil 3 hormon penting, yaitu:
  1. Eritropoietin atau EPO yang merangsang sumsum tulang untuk membuat sel darah merah
  2. Renin yang berfungsi mengatur tekanan darah, dan
  3. Calcitriol yang membantu mempertahankan kalsium untuk tulang.
Bila ginjal tidak sehat, maka beberapa penyakit berikut dapat menyerang tubuh kamu, seperti batu ginjal, gagal ginjal, keracunan darah bahkan kematian. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kesehatan dan kebersihan ginjal kita dengan mengkonsumsi beberapa makanan berikut:

  1. Dandelion
dandelionDandelion merupakan tanaman herbal yang paling baik untuk pembersihan ginjal. Bagian dandelion yang digunakan adalah bagian akar, dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman dan dijual di toko obat herbal. Cara kerja dandelion adalah dengan menambah produksi urin sehingga ginjal bersih.




  1. Peterseli
peterseliPeterseli mengandung kalium dan natrium yang membantu mengeluarkan kelebihan cairan dari tubuh sehingga membantu menghilangkan racun dari tubuh dan mengurangi risiko batu ginjal.




  1. Cranberry
cranberryCranberry memiliki antioksidan yang tinggi yang melawan infeksi saluran kemih dan menurunkan berat badan.







  1. Yoghurt
Minuman fermentasi ini selain bagus untuk diet, bakteri prebiotiknya dapat membersihkan ginjal. Namun, pilihlah yoghurt yang tidak mengandung gula tinggi.
  1. Air Putih
Air putih membantu membersihkan ginjal dengan cara mengeluarkan mineral yang tidak perlu. Penumpukan mineral yang tidak perlu akan memicu penyakit batu ginjal.
  1. Anggur
Kegunaan anggur sama seperti cranberry, buah anggur kaya akan antioksidan yang dapat membersihkan ginjal dan membantu menurunkan berat badan.
  1. Pisang
Pisang mengandung potasium yang membantu tubuh mengontrol pengeluaran kalsium dalam urin. Hal ini jelas akan membuat ginjal berfungsi dengan baik dan mengurangi risiko batu ginjal. Pisang juga mengandung felonik antioksidan yang tinggi yang juga membantu melindungi ginjal.
  1. Mentimun
Mentimun sangat baik dalam membersihkan ginjal. Air yang terkandung di dalam mentimun dapat melancarkan proses urinasi sehingga ginjal pun senantiasa bersih.
  1. Kembang Kol
Kembang kol mengandung indoles, glucosinolates dan tiosianat yang berfungsi mengusir limbah beracun di dalam tubuh.
  1. Paprika Merah
Paprika merah dapat memecah limbah di dalam darah sehingga menunjang kesehatan ginjal. Bila limbah dalam darah pecah, maka risiko keracunan darah dapat dihindari.

1 komentar: